Tanaman sambang darah

Kategori: Bibit Tanaman bunga | 320 Kali Dilihat
Tanaman sambang darah Reviewed by Angetmas on . This Is Article About Tanaman sambang darah

Sambang darah atau sambang getih memiliki nama latin Excoeria Cochinchinensis Lour atau Excocariam Bicolor Hassk, yang mana merupakan sejenis tanaman perdu yang masih termasuk ke dalam famili Euphorbiaceae dari kerajaan plantae. Dinamakan sambang darah karena Karena warna daunnya yang unik, dengan warna hijau tua pada bagian atas daun dan juga… Selengkapnya »

Rating:

Hubungi Kami

Order via SMS

08563553322

Format SMS : ORDER#NAMA PRODUK#JUMLAH

Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU :
Kg
09-10-2017
Detail Produk "Tanaman sambang darah"

Sambang darah atau sambang getih memiliki nama latin Excoeria Cochinchinensis Lour atau Excocariam Bicolor Hassk, yang mana merupakan sejenis tanaman perdu yang masih termasuk ke dalam famili Euphorbiaceae dari kerajaan plantae. Dinamakan sambang darah karena Karena warna daunnya yang unik, dengan warna hijau tua pada bagian atas daun dan juga warna merah pada bagian bawah daunnya gelap serta khasiatnya mengatasi berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan pendarahan.

Karena warna daunnya yang unik itu pula, tak sedikit orang yang menjadikannya sebagai tanaman hias ataupun pagar hidup di pekarangan rumahnya. Cara penanamannyapun terbilang cukup sederhana, yaitu dengan menggunakan biji, maupun stek. Seperti pada tanaman lainnya, pemeliharaan tanaman ini hanya membutuhkan air yang cukup dengan menjaga kelembaban serta pemupukan pada penanaman pertama.

Jenis dari pada tanaman ini sangatlah banyak. Sehingga sering kali orang salah mengrtikan tanaman ini dengan jenisnya yang lain karena warna daun yang hampir sama. Padahal berbeda jenis, maka berbeda pula khasiat yang di hasilkan.

Selain warna daunnya yang berwarna hijau pada bagian atas dan merah tua pada bagian bawahnya, ciri-ciri tanaman sambang darah lainnya yang memiliki khasiat untuk pengobatan adalah tinggi tanaman yang mencapai hingga 200 meter dengan percabangannya yang banyak dan dan banyak getah yang berwarna putih. Bentuk daun berhelai lancip , dan tangkai bercabang kayu.

Berbagai kandungan dan manfaat daun sambang darah bagi kesehatan

Adapun kandungan daun sambang darah menurut beberapa penelitian yang telah di lakukan di antaranya adalah tanin, silesterol, triterpinoid dan asam behenat. Adapun getah yang terdapat dalam tumbuhan ini memiliki senyawa racun yang sangat berbahaya. Sehingga untuk pengobatan sendiri, bagian dari tanaman ini yang sering kali di manfaatkan adalah daunnya. Dengan penggunaannya yang benar, daun ini bisa kita manfaatkan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengobati disentri

Khasiat daun sambang darah yang pertama adalah membantu mengobati disentri. Adapun cara pengolahannya yang untuk mengatasi disentri adalah sebagai berikut:

– Petiklah 15 helai daun sambang darah kemudian cuci hingga bersih.
– Lalu rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas air saja.
– Setelah dingin, anda bisa mengonsumsi 2x sehari, masing-masing 1 gelas setiap kalinya.

2. Mengobati muntah atau batuk darah

Kegunaan daun sambang darah lainnya adalah dapat membantu mengobati batuk darah mupun muntah darah yang dapat di sebabakan oleh berbagai faktor. Untuk mengatasi kondisi tersebut, cara pengolahan daun sambang yang tepat adalah sebagai berikut:

– Siapkan beberapa daun samabang darah secukupnya.
– Setelah di cuci bersih, anda dapat menumbuknya hingg halus.
– SeteLah itu beri sedikit garam dan tambahkan setengah cangkir air minum ke dalamnya.
– Kemudian aduk dan peras dengan sepotong kain.
– Minumlah ramuan ini secara tertur.

3. Menghentikan pendarahan setelah bersalin atau keguguran

Masalah kesehatan seperti halnya pendarahan berlebihan setelah bersalin maupun keguguran dapat segera di hentikan dengan menggunakan tanaman obat herbal yang satu ini. Adapun untuk mengatasi kondisi ini, cara pengolahan daun sambang darah yang benar adalah dengan merebus pucuk daun sambang darah, dan kemudioan minumlah air rebusan tersebut secara rutin.

4. Melancarkan siklus haid yang tidak teratur

Apabila kini anda tengah mengalami masalah berupa siklus haid yang tidak teratur, anda bisa menjadikan tumbuhan ini sebagai alternatifnya. Untuk mengatasi kondisi ini secara tepat, anda bisa memanfaatkan daun sambang darah sebagai berikut:

– Ambil 2 helai daun sambang darah kemudian cuci hingga bersih.
– Tumbuk hingga halus dan tambahkan air matang sebanyak 1 cangkir dengan sedikit garam.
– Minum ramuan ini sebanyak 2x sehari sebanyak 1 cangkir.

5. eksim kronis, psoriasis dan luka bernanah

Untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti eksim kronis, psoriasis dan juga berbagai jenis luka termasuk luka caesar bernanah, anda bisa memanfaatkan daun sambang darah dengan cara:
– Siapkan beberapa lembar daun sambang darah secukupnya.
– Setelah di cuci bersih, anda bisa menumbuknya hingga halus.
– Tempelkan pada daerah kulit yang mermasalah.
– Balut dengan menggunakan perban agar khasiat yang di hasilkan maksimal.

6. Mengobati penyakit jantung koroner

Banyak yang pendapat bahwasannya daun sambang darah juga bisa menjadi salah satu alternatif obat jantung koroner tradisional. Adapun untuk memanfaatkannya, anda bisa mengonsumsi air rebusannya secara teratur 2x sehari.

Nah, itulah beberapa khasiat dan manfaat daun sambang darah untuk kesehatan. Semoga apa yang telah kami informasikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda.

tanaman sambang darah

tanaman sambang darah

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp