Tanaman durian merah

Kategori: Aneka Tanaman Durian » Bibit Buah Buahan | 37 Kali Dilihat
Tanaman durian merah Reviewed by Angetmas on . This Is Article About Tanaman durian merah

Pernahkah anda makan durian yang warnanya bukan kuning atau putih? Bagaimana kalau durian yang Anda makan warnanya merah? Nah, ternyata ada lho, durian yang warnanya merah, yang berasal dari daerah Banyuwangi. Durian merah Banyuwangi ini semakin populer, bahkah juga popularitasnya sudah sampai mendunia. Ini dibuktikan dengan tertariknya para peneliti dariā€¦ Selengkapnya »

Rating: 1.0
Harga:Rp 95.000

Order via SMS

08563553322

Format SMS : ORDER#NAMA PRODUK#JUMLAH
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU : T durian m
Stok Tersedia
2 Kg
16-11-2018
Detail Produk "Tanaman durian merah"
Jual tanaman buah durian merah

Tanaman durian merah

Jual bibit tanaman buah durian merah

Tanaman buah durian merah

Tanaman buah durian merah

Tanaman buah durian merah

Durian merah

jual tanamam durian merah

Jual bibit durian merah

tumbuhan durian merah

Pernahkah anda makan durian yang warnanya bukan kuning atau putih? Bagaimana kalau durian yang Anda makan warnanya merah? Nah, ternyata ada lho, durian yang warnanya merah, yang berasal dari daerah Banyuwangi.

Durian merah Banyuwangi ini semakin populer, bahkah juga popularitasnya sudah sampai mendunia. Ini dibuktikan dengan tertariknya para peneliti dari beberapa negara untuk mempelajari budidaya durian merah asal Banyuwangi ini. Tidak terkecuali untuk penggemar durian, nama durian merah tentu mengundang rasa penasaran untuk menikmatinya.

Durian Abang alias Dubang, begitu lidah lokal menyebutkan durian merah ini, makin banyak penggemarnya. Banyak alasan untuk memburunya. Selain karena jumlah yang dapat dihasilkan dari pohonnya masih sangat terbatas, durian merah mempunyai warna eksotis serta rasa yang lezat, termasuk juga khasiatnya.

Durian merah sebagai ikon durian di Indonesia ternyata mempunyai sejarah panjang dari jaman kerajaan di negeri ini. Dulunya durian merah hanya tumbuh di hutan wilayah Kalimantan. Kemudian, buah itu pernah hampir punah saat Banyuwangi di duduki oleh Inggris.

Perjalanan itu diawali saat jaman kerajaan Blambangan yang ada di kawasan timur Pulau Jawa yang merupakan salah satu kaki tangan kerajaan Majapahit. Kerajaan yang berdiri sekitar abad XIII sampai abad XVIII itu gemar melakukan penjelajahan ke pulau-pulau luar Jawa, salah satunya adalah Kalimantan.

Konon, raja Majapahit sering diberi oleh-oleh durian hutan yang saat itu dipercaya sebagai obat. Ketika itu durian hutan atau durian merah memang menjadi obat mujarab untuk kalangan kerajaan.

Rasanya pahit seperti oli, tak berbau, serta dagingnya tipis. Tetapi kaya akan zat-zat sebagai obat yang bermanfaat.

Kerajaan Blambangan juga ikut menanam durian tersebut di kebun kerajaannya. Secara alamiah durian hutan itu kawin dengan durian Banyuwangi yang lezat. Perkawinan itu membuahkan durian dengan guratan merah serta mempunyai rasa yang lezat seperti durian Banyuwangi.

Saat jaman VOC, durian itu pernah nyaris punah. Ketika itu, VOC menjual Banyuwangi ke pemerintah Inggris untuk dijadikan perkebunan. Keseluruhan 24 kebun besar serta 11 kebun kecil juga ditanami kopi serta tebu.

Untuk operasional kereta lori di kebun itu, pemerintahan Inggris memakai kayu durian merah sebagai bahan bakar terbaik saat itu. Perlahan-lahan pohon durian merah habis ditebang untuk diambil kayunya.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp