Bidara Upas / Umbi bidara upas untuk kesehatan dan pengobatan

Kategori: Bahan Jamu Kering / Simplisia | 87 Kali Dilihat
Bidara Upas / Umbi bidara upas untuk kesehatan dan pengobatan Reviewed by Angetmas on . This Is Article About Bidara Upas / Umbi bidara upas untuk kesehatan dan pengobatan

Bidara tergolong ke dalam famili convolulacae dari suku kangkung-kangkungan. Tanaman ini memiliki umbi yang dapat dimakan, layaknya ubi jalar. Warnanya kuning agak kecoklatan. Umbi bidara mengandung resin, damar, zat pahit, dan pati. Selain itu, zat oksidase terdapat dalam getah tanaman ini. Efek farmakologis yang ada di dalamnya termasuk anti inflamasi,… Selengkapnya »

Rating: 1.0
Harga:Rp 70.000
Daftar Harga grosir
  • 2 ≥
    Rp 60.000

Order via SMS

08563553322

Format SMS : ORDER#NAMA PRODUK#JUMLAH
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU : bidara upas 1/2
Stok Tersedia
0.5 Kg
16-09-2017
Detail Produk "Bidara Upas / Umbi bidara upas untuk kesehatan dan pengobatan"

Bidara tergolong ke dalam famili convolulacae dari suku kangkung-kangkungan. Tanaman ini memiliki umbi yang dapat dimakan, layaknya ubi jalar. Warnanya kuning agak kecoklatan. Umbi bidara mengandung resin, damar, zat pahit, dan pati. Selain itu, zat oksidase terdapat dalam getah tanaman ini. Efek farmakologis yang ada di dalamnya termasuk anti inflamasi, analgetik, antidote (melawan racun), laksatif, dan penyejuk. Umbi bidara memiliki zat kimia yang efektif untuk mengobati berbagai penyakit ringan dan berat. Berikut beberapa manfaat dan khasiat bidara upas untuk kesehatan…

1. Mengobati diabetes
Penyakit kencing manis atau diabetes dapat diobati secara tradisional, salah satu caranya dengan ramuan bidara. Ambil 100 gram umbinya, kemudian cuci sampai bersih. Parut dan peras untuk mengambil sarinya, minum sebelum sarapan di pagi hari.

2. Mengobati radang usus buntu
Sifat anti radang dalam umbi bidara dapat digunakan untuk mengatasi radang usus buntu. Parut dan peras ¼ jari umbi tanaman ini, bersama 1 sdm air gula. Saring, kemudian minum airnya di pagi dan malam hari secara teratur.

3. Mengobati kencing batu (batu kandung kemih)
Penyakit kencing batu sangat menyiksa penderita. Untuk meluruhkan batu tersebut, gunakan ramuan tradisional. Siapkan 10 gram umbi bidara upas, 15 gram daun keji beling, dan 10 gram daun kumis kucing. Cuci ketiga bahan ini, kemudian diiris-iris. Selanjutnya, rebus semua bahan bersama seliter air, hingga air yang tersisa hanya 150 ml. Biarkan airnya menjadi dingin, kemudian saring. Minum 3 kali dalam sehari, masing-masing sebanyak 50 ml.

4. Mengobati tifus dan muntah darah
Penyakit tifus dapat diobati dengan cara tradisional, salah satunya dengan menggunakan bidara upas. Parut umbi bidara upas, setelah dicuci dengan air yang mengalir. Peras dan saring dengan kain bersih hingga didapatkan segelas sarinya. Minum sari ini dengan rutin setiap hari.

5. Mengobati syphilis
Untuk mengatasi penyakit sipilis secara tradisional, gunakan umbi bidara upas. Cuci kemudian parut umbinya, kira-kira seukuran jari. Campur dengan 1 sdm madu murni dan 2 sdm air masak, kemudian diperas. Saring airnya, minum 3 kali dalam sehari.

6. Mengobati berak berdarah
Untuk mengatasi berak mengandung darah dan lendir, ambil 50 gram umbi bidara upas. Iris-iris umbinya, tambahkan gula merah. Rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa segelas. Setelah airnya dingin, saring dan minum sampai habis.

7. Mencegah kanker dan kusta
Bidara upas diyakini oleh banyak orang, mampu mencegah dan mengobati penyakit kusta dan kanker. Cara membuatnya, ambil ¾ umbi bidara upas kemudian dicuci dengan air bersih. Parut umbi ini, campur dengan 2 sdm madu dan 4 sdm air matang. Peras dan saring, untuk mengumpulkan sarinya. Minum sari ini, dibagi menjadi tiga takaran. Minum di pagi, siang, dan sore hari.

8. Mengobati difteri
Bidara upas juga efektif untuk mengatasi penyakit difteri. Caranya, ambil 8 gram umbi bidara upas kemudian cuci dengan air bersih. Parut, tambahkan ¼ gelas air matang. Peras untuk mendapatkan airnya. Biarkan airnya mengendap, minum airnya yang jernih di pagi dan sore hari. Takaran untuk orang tua adalah 2-3 sdm, dan 1 sdm untuk anak-anak.

9. Meredakan batuk rejan
Bidara upas mampu mengobati batuk rejan yang cukup parah. Caranya, siapkan ½ jari umbi tanaman ini. Cuci dengan air yang mengalir, kemudian parut dan peras bersama 2 sdm air matang. Saring dan tambahkan 1 sdm madu murni. Minum ramuan ini di pagi dan malam hari.

10. Mengobati batuk kering, suara serak, dan radang tenggorakan
Suara parau tentu sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Atasi masalah ini dengan bidara upas. Sediakan 8 gram umbi bidara upas, 3 gram biji kapulaga, 3 lembar daun sirih, 6 gram kencur, dan sedikit air. Tumbuk semua bahan, campur dengan air. Berkumur dengan sedikit ramuan ini dan minum sisanya dua kali dalam sehari.

Baca juga: 15 Manfaat dan Khasiat Singkong Gajah Bagi Kesehatan

5 Manfaat dan Khasiat Bidara Upas Untuk Kesehatan Lainnya:
Mengatasi keracunan makanan
Melawan racun dari gigitan ular
Mengatasi luka bakar
Mengobati luka gores pada kulit
Memperlancar ASI
Itu tadi beberapa manfaat dan khasiat bidara upas untuk kesehatan. Anda bisa membaca artikel umbi lainnya….

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp