BiBit tananan daun senggani / tanaman daun senggani

Bibit tananan daun senggani / Tanaman bunga senggani

0 Comments

BiBit tananan daun senggani / tanaman daun senggani
Bibit tananan daun senggani

BiBit tananan daun senggani / tanaman daun senggani

Jual bibit tanaman daun senggani untuk Kesehatan Dan pengobatan Dan untuk tanaman hias
10 Khasiat dan Manfaat dan Tanaman Senggani Untuk Kesehatan

Angetmas.com jual tanaman Senggani (Melastoma candidum) tanamananggrek daun senggani merupakan tanaman perdu dari famili Melastomataccae. Senggani memiliki nama yang berberda-beda di berbagai daerah seperti sengganen, harendong, senduduk, kemandhen, kluruk, dan sebagainya. Tanaman ini merupakan tumbuhan perdu yang tumbuh tegak dengan banyak cabang. Senggani biasanya tumbuh pada tempat-tempat yang mendapat cukup sinar matahari seperti di lereng gunung, semak belukar, kebun, atau sekitar perumahan. Di beberapa tempat, tanaman senggani sengaja ditanam sebagai tanaman hiasa. Meski seringkali dianggap sebagai tanaman liar atau bahkan gulma senggani ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Sejak dulu, orang-orang sudah menggunakan tanaman sengganen untuk mengatasi beberapa penyakit misalnya mredakan rasa sakit atau peradangan akibat luka atau terkena benda tajam. Pada keempatan ini, Teknokiper akan memaparkan beberapa kandungan dan khasiat tanaman senggani untuk kesehatan.

Struktur dan Kandungan Senggani

Tumbuhan senggani dapat tumbuh dengan ketinggian hingga empat meter dan memiliki banyak cabang. Batang senggani terbilang kecil dengan warna hijau hingga cokelat kemerahan. Tanaman ini bersisik dan berambut bagian pada bagian batang maupun daunnnya.

Daun senggani merupakan daun tunggal bertangkai dan letaknya berhadapan. Bentuk daun senggani memanjang dengan bagian ujung melancip dan bagian pangkal yang lebih bulat. Pada sebagian permukaan daun ditumbuhi rambut sehingga daun senggani akan terasa kasar saat diraba. Daun senggani yang masih muda dapat dimanfaatkan sebagai lalap atau disayur.

Daun tanaman senggani biasanya dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun kates saat direbus. Senggani memiliki bunga berwarna ungu dengan corak keputihan di bagian tengahnya. Bunganya keluar dari ujung cabang dan memiliki lima mahkota bunga. Sama seperti daunnya, bunga senggani juga memiliki khasiat meredakan rasa sakit atau peradangan.

Senggani memiliki buah yang cukup khas dengan bentuk seperti gelas hias dan bagian atasnya cenderung terbuka. Jika masak, buah senggani akan merekah atau pecah menjadi beberapa bagian dan berwarna ungu tua. Buah senggani dapat dimakan, rasanya manis tetapi meninggalkan warna pada bibir atau lidah.
Senggani mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat bagi tubuh seperti flavonoida, saponin, glikosida, tanin, dan sebagainya. Tanaman senggani memiliki kandungan zat aktif yang sangat bagus untuk meredakan rasa sakit dan menyembuhkan luka. Penggunaan daun sengganen pada bagian luka emberikan sensasi sejuk pada kulit.
Flavonoida merupakan senyawa yang berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan. Senyawa ini berkhasiat untuk menghmabat perdarahan pada bagian kulit. Itu sebabnya daun sengganen sering digunakan untuk menghentikan perdarahan saat kulit terluka dan berdarah.

Kandungan saponin pada senggani berfungsi sebagai antiseptic yang berkhasiat membunuh dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme jahat. Tanin pada senggani berkhasiat menutupi pori-pori kulit dan menghentikan pendarahan ringan. Senggani juga mengandung steroid yang berfungsi sebagai antiinflamasi.

Baca juga : 10 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Ingat.

Manfaat Khasiat Senggani untuk Kesehatan

Karena kandungan yang dimiliknya, tanaman senggani dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut beberapa penggunaan senggani sebagai obat.

#1 Daun Senggani untuk Meredakan Nyeri
Daun senggani mengandung senyawa yang berfungsi sebagai zat analgesik atau zat penghilang nyeri. Daun senggani dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada bagian tubuh yang mengalami luka akibat benda tajam atau luka bakar. Tumbuk beberapa helai daun senggani dan balurkan pada bagian kulit yang luka. Penggunaan sengggani akan memberikan efek sejuk dan nyeri akibat luka akan berkurang.

#2 Daun Senggani Untuk Mengobati Diare
Sama seperti daun jambu biji, daun senggani juga berkhasiat untuk mengobati diare atau mencret. Tetapi, untuk hasil yang maksimal, daun senggani harus dipadukan dengan daun sembung dan kulit buah manggis untuk mmebuat ramuan.

Caranya, rebus sebanyak satu genggam daum senggani, lima gram kulit buah manggis, dan tiga lembar daun sembung dalam dua gelas air. Rebus hingga air tersisa setengah gelas. Saring setelah dingin dan bagi ramuan untuk tiga kali minum, yaitu pagi, siang, dan sore.

#3 Daun Senggani untuk Mengobati Bisul
Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang berisi nanah dan menimbulkan rasa sakit. Benjolan ini muncul akibat infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada folikel rambut. Untuk mengobati bisul, cuci bersih sebanyak satu genggam daun senggani, lalu rebus dengan segelas air. Minum air rebusan tersebut dan gunakan ampasnya pada bagian bisul.

#4 Daun Senggani untuk Mengatasi Sariawan
Sariawan atau stomatitis merupakan radang yang terjadi pada mukosa mulut, biasanya berupa bercak putih kekuningan yang menimbulkan rasa nyeri saat mengunyah atau berbicara. Untuk mengobati sariawan, cuci bersih tiga lembar daun senggani muda dan bilas dengan air hangat matang. Tambahkan sedikit garam dan kunyah daun tersebut.

#5 Biji Senggani untuk Mengobati Perdarahan Rahim
Perdarahan rahim disfungsional adalah perdarahan abnormal akibat perubahan hormonal. Biji senggani dapat dimanfaatkan untukmengatasi perdarahan rahim. Caranya, sangrai biji senggani sampai hitam lalu rebus dengan dua gelas air sampai tersisa setengahnya. Saring rebusan setelah dingi dan minum dua kali sehari, masing-masing setengah gelas.

#6 Daun Sengganen untuk Mengatasi Keputihan
Keputihan adalah salah satu kondisi normal yang dialami wanita pada saat tertentu dimana v4gina akan mengeluarkan cairan atau lendir yang encer, bening, tidak gatal dan tidak berbau. Keputihan disebut abnormal jika berwarna hijau atau putih susu dan disertai rasa gatal.
Untuk mengatasi masalah keptutihan, siapkan dua genggam daun senggani yang segar, jahe dan bengle seukuran ibu jari. Rebus ketiga bahan dengan tiga gelas air dan tambahkan satu sendok makan cuka. Rebus hingga air tersisa dua gelas. Saring rebusan lalu minum dua kali sehari.
#7 Daun Senggani untuk Menyembuhkan Radang Usus
Selain berkhasiat meredahkan nyeri dan sakit, senggani juga berkhasiat untuk menyembuhkan radang atau pembengkakan. Daun sengganen mengandung senyawa saponin yang berfungsi sebagai antiseptic yang berkhasiat membunuh dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme jahat yang menyebabkan radang usus.
#8 Senggani untuk Mengatasi Disentri Basiler
Disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare disertai darah atau lendir. Disentri basiler adalah salah satu jenis disentri yang disebabkan oleh bakteri dari jenis Shigella. Untuk mengatasi disentri basiler, siapkan beberapa genggam daun senggani yang masih segar. Rebus daun dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Saring air rebusan dan minum.

#9 Senggani untuk Melancarkan Buang Air Kecil
Selain berkhasiat untuk meredakan nyeri, senggani juga mengandung zat yang berfungsi sebagai diuretik yang dipercaya berkhasiat untuk melancarkan buang air kecil. Seduh beberapa lembar daun senggani dengan air panas dan minum selagi hangat setelah makan.
#10 Daun Senggani untuk Mengatasi Pendarahan Ringan
Daun senggani mengandung senyawa tanin yang berkhasiat menutupi prti-pori kulit dan menghentikan pendarahan ringan akibat luka atau terkena benda tajam. Haluskan atau lumatkan beberapa helai daun senggani lalu balurkan pada bagian kulit yang berdarah.
Baca juga manfaat daun Belalai Gajah atau tanaman belalai gajah klik https://angetmas.com/tanaman-belalai-gajah/
Tag

Tag
Tanaman Daun senggani, jual bibit daun senggani, khasiat daun senggani, harga tanaman daun senggani, tanamam bunga senggani, kandungan tanaman senggani, kandungan Daun senggani, Jual bibit senggani, morfologi tanamam senggani, daun senggani, Jual daun senggani

 

Tinggalkan Balasan

Related Posts

PhotoPictureResizer 190101 075730676

Tanaman daun landep

0 Comments

[caption id="attachment_6900" align="aligncenter" width="150"] Tanaman daun landep[/caption] Angetmas.com jual tanaman…

Tanaman bunga bogenfil

Tanaman bunga bogenfil

0 Comments

[caption id="attachment_8583" align="aligncenter" width="150"] Tanaman bunga bogenfil[/caption] [caption id="attachment_8584" align="aligncenter"…

Bibit tanaman kemangi hitam

Bibit tanaman kemangi hitam

0 Comments

[caption id="attachment_3953" align="aligncenter" width="612"] Tanaman kemangi hitam[/caption] Angetmas.com / ANGET…