Kategori: Bahan Jamu Kering / Simplisia | 505 Kali Dilihat
Reviewed by Angetmas on . This Is Article About

Karena di Indonesia memiliki tanah yang subur, jadi tidak heran jika tanaman umbi ini bisa tumbuh liar dimana saja dan mudah dibudidayakan. Temu hitam memiliki kandungan minyak atsiri yang terdiri dari kurzerenon, monoterpen, damar, pati, lemak, ses kuiterpen (kukurmenon, isofuranodien, furanodien, zedoarol, dan dehidrokurdion). Karena mengandung zat penting inilah yang… Selengkapnya »

Rating:

Hubungi Kami

Order via SMS

08563553322

Format SMS : ORDER#NAMA PRODUK#JUMLAH
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU :
Kg
16-09-2017
Detail Produk ""

Karena di Indonesia memiliki tanah yang subur, jadi tidak heran jika tanaman umbi ini bisa tumbuh liar dimana saja dan mudah dibudidayakan. Temu hitam memiliki kandungan minyak atsiri yang terdiri dari kurzerenon, monoterpen, damar, pati, lemak, ses kuiterpen (kukurmenon, isofuranodien, furanodien, zedoarol, dan dehidrokurdion). Karena mengandung zat penting inilah yang menjadikannya memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan atau kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat temu hitam untuk kesehatan tubuh…

1. Mengatasi Masuk Angin
Masuk angin biasanya disertai dengan perut kembung dan mual, untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan temu hitam yang direbus. Minum airnya selagi hangat.

2. Mengobati Malaria
Siapkan 20 gr temu hitam, 60 gr daun pepaya, dan 2 jari batang brotowali. Rebus semua bahan dengan 800 ml air sampai mendidih dan tinggal setengahnya. Setelah dingin tambahkan 1 sdm madu. Minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari dengan takaran 200 ml setiap kali minum.

3. Menambah Nafsu Makan
Kurkumin yang terkandung di dalam temu hitam bisa meningkatkan nafsu makan. Siapkan temu ireng, parut dan peras airnya, setelah itu rebus sampai mendidih. Minum setelah dingin dengan takaran ½ – 1 gelas, minum di pagi dan sore hari.

4. Mengobati Cacingan
Penelitian menunjukkan jika zat aktif yang terkandung di dalam temu hitam bisa membasmi cacing ascaridia galli. Untuk membuat ramuannya juga sangat mudah dan simple. Cukup dengan memarut dan setelah itu diperas airnya. Minum air perasan tersebut sampai cacing mati dan keluar dari dalam tubuh.

5. Mengobati Ambeien
Temu hitam juga bisa mengobati ambeien. Siapkan, 15 gr rimpang temu ireng, kuning telur ayam kampung, secangkir air panas, dan 2 sdm madu. Seduh temu ireng yang sudah di bersihkan terlebih dahulu, biarkan hingga dingin dan saring. Campurkan dengan madu dan kuning telur. Minum setiap bangun tidur sampai ambeien sembuh.

6. Menetralkan Racun
Siapkan 20 gr temu hitam yang sudah diparut dan daun takokan. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai airnya menyusut dan tinggal setengahnya. Minum ramuan selagi hangat.

7. Mengatasi Penyakit Kulit
Penyakit kulit seperti borok, kurap, dan kudis, bisa diobati dengan menggunakan temu hitam. Siapkan rimpang temu hitam seukuran jempol tangan setelah itu tumbuk sampai lumat. Campur dengan minyak kelapa dan oleskan pada kulit yang bermasalah.

8. Meringankan Nyeri Haid
Rasa nyeri yang ditimbulkan saat haid bisa diatasi dengan temu hitam. Caranya, temu ireng, kunyit, asam jawa dan kencur di rebus dengan 600 ml air sampai airnya menyusut tinggal 200 ml saja. Minum ramuan tersebut selagi masih hangat.

9. Mengobati Gonorrhea
Untuk mengobati penyakit gonorrhea, Anda bisa menyiapkan 10 gr temu hitam, 30 gr daun pegagan, dan 5 gr umbi gadung. Tumbuk semua bahan, setelah itu seduh dengan air panas sebanyak 750 ml. Minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

10. Mengatasi Masalah Kulit Wajah
Anda mengalami masalah kulit pada wajah? Tidak perlu khawatir karena masalah tersebut bisa diatasi dengan cara alami. Yaitu dengan menggunakan masker dari temu hitam. Caranya, kupas kulit temu , tumbuk sampai halus dan campurkan dengan minyak kelapa. Lakukan perawatan dengan bahan alami ini untuk mendapatkan kulit yang Anda inginkan.

Baca juga: 20 Manfaat dan Khasiat Jahe Gajah Untuk Kesehatan

14 Manfaat dan Khasiat Temu Hitam Untuk Kesehatan Lainnya:
Melancarkan haid yang tidak teratur.
Mengobati bengkak.
Melancarkan sistem pencernaan.
Mengembalikan kesuburan.
Melancarkan sistem peredaran darah di dalam tubuh.
Mengobati hipertensi.
Membantu pembentukan sel darah merah.
Membantu meluruhkan dahak.
Membersihkan darah ibu setelah melahirkan.
Mencegah bayi tertular penyakit dari ibunya.
Mengatasi kolesterol.
Mencegah rasa capek dan kelelahan setelah bekerja.
Menghilangkan ketombe.
Menyembuhkan sariawan.

Demikian tadi beberapa ulasan tentang manfaat dari temu hitam yang sangat menakjubkan. Untuk mengobati segala macam penyakit, alangkah baiknya jika kita mencoba terlebih dahulu obat tradisional sebelum mengonsumsi obat-obat kimia. Karena di sekitar kita banyak tumbuh tanaman-tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Anda bisa membaca artikel umbi lainnya….

Advertisements

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,