Manfaat daun sirsak

23 December 2019 - Kategori Blog
Jual serbuk Daun Sirsak

Jual serbuk Daun Sirsak

TOKO ANGET MAS jual serbuk daun sirsak, dan juga jual daun dirsak kering,  juga jual bibit tanaman daun sirih
12 Manfaat daun sirsak bagi kesehatan dan cara pengolahannya

Kaya akan serat..
Siapa sih yang tak tahu buah sirsak? Buah yang mudah ditemukan di Indonesia ini berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah sirsak yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam menyegarkan ini bisa dikonsumsi langsung maupun diolah dahulu. Biasanya saat panas terik sirsak diolah menjadi jus yang menyegarkan, tapi dapat juga diolah menjadi manisan, permen, ataupun dodol.

Di daerah lain, sirsak memiliki sebutan berbeda yaitu nangka Belanda atau durian Belanda. Buah sirsak biasanya berbentuk menyerupai jantung dan berwarna hijau. Dagingnya juga kenyal dan berwarna putih yang kaya akan serat. Setiap 100 gram daging sirsak yang dikonsumsi mengandung 3,3 gr serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat setiap hari. Selain itu sirsak juga mengandung banyak karbohidrat, vitamin C, B dan banyak lainnya.

Di balik banyaknya kandungan dan manfaat dari buah sirsak, siapa sangka ternyata daunnya pun dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Umumnya orang mengenal buah sirsak ini sebagai obat antikanker. Salah satu kandungan daun sirsak yang bermafaat untuk kesehatan tubuh adalah Acetogenin. Ini merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki sifat membunuh racun di dalam tubuh dengan cara menghambat pertumbuhan ATP (Adenosina trifosfat) yang merupakan sumber energi bagi kanker untuk berkembang.

Nah, lebih lengkapnya  dari berbagai sumber, Senin (28/10), 12 manfaat daun sirsak bagi kesehatan dan cara pengolahannya.

1. Mengobati kolesterol.

Bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, harus bisa mengaturnya agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan daun sirsak. Untuk merasakan manfaat daun sirsak ini kamu bisa meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya adalah pilih 10 lembar daun sirsak yang agak tua, dan rebus dengan menggunakan 3 gelas air mineral. Rebus air hingga tersisa setengahnya saja. Kamu bisa meminumnya dalam keaadaan hangat maupun dingin. Minumlah rutin setiap pagi agar dapat merasakan manfaat daun sirsak ini secara cepat.

2. Mengobati kanker.

Manfaat daun sirsak selanjutnya yaitu untuk mengatasi penyakit kanker. Daun sirsak dikenal dapat menghambat sel kanker lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan dengan kemoterapi. Kandungan acetogenin pada sirsak dapat menyembuhkan pasien pengidap penyakit kanker. Fungsi acetogenin ialah menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

Nah, cara aman dan alami dapat kamu rasakan dengan meminum air rebusan daun sirsak. Caranya rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelar air mineral. Kemudain rebus dan sisakan hingga 1/2 gelas saja. Agar cepat terasa manfaat daun sirsak, kamu bisa meminumnya setiap pagi.

3. Mengobati kista ovarium.

Kamu pasti pernah mendengar penyakit kista ovarium. Kista ovarium merupakan kantong yang berisi cairan yang tumbuh pada indung telur atau ovarium wanita. Kita juga tergolong tumor jinak dan dapat berkembang menjadi kanker. Untuk mencegah penyakit ini berkembang kamu bisa mengambil manfaat daun sirsak ini untuk mengobatai kista ovarium.

Sama seperti cara sebelumnya hanya dengan meminum air rebusan daun sirsak sudah dapat merasakan khasiatnya. Rebus 10 lembar daun dengan 3 gelas mineral. Tunggu hingga daun sirsak mengelurakan sari patinya. Minum dalam keadaan dingin atau pun hangat.

4. Mengobati diabetes.

Kini diabetes tak hanya menyerang orang tua saja bahkan anak muda pria maupun wanita bisa rentan mengalami penyakit ini. Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal. Hal ini dikarenakan saun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa saponin, bioflavonois dan polifenol.

Antioksidan dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang mengintai tubuh. Kamu bisa mengolahnya dengan merebus daun sirsak. Ambil satu gelas kemudian tambahkan sedikit madu.

5. Mengobati asam urat.

Tak hanya untuk mengobati diabetes, daun sirsak juga dapat mengatasi penyakit asam urat. Sama halnya untuk mengobati sel kanker kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dimanfaatkan pula untuk mengobati asam urat.

Bagi kamu yang ingin mencoba manfaat daun sirsak untuk atasi diabetes, kamu hanya perlu meminum rebusan daun ini. Caranya pilih 10 daun sirsak yang tua dan rebus dengan 3 gelas. Biarkan hingga sari-sari daun keluar. Kamu bisa meminumnya dalam keadaan hangat maupun dingin.

6. Mengobati penyakit paru-paru.

kandungan pada daun sirsak dapat bermanfaat untuk berbagai penyembuhan, di antaranya penyakit paru-paru. Hal ini karena dalam daun sirsak terdapat kandungan acetogenin yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru. Daun sirsak ini dapat mengatasi penyakit paru-paru basah maupun kering.

Caranya ambil 10-15 daun sirsak cuci dan keringkan di bawah matahari. Rebus dengan 3 gelas air mineral. Setelah dingin minum, air rebusan tersebut minum secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

7. Meningkatkan kesuburan.

Manfaat dari daun sirsak ini juga baik untuk wanita dan kesuburannya. Jika kamu sedang merencanakan kehamilan sebaiknya mengonsumsi ramuan atau jamu dari daun sirsak ini untuk merangsang kehamilan lebih cepat. Daun sirsak ini juga dapat melancarkan menstruasi bagi wanita, sehingga dengan siklus menstruasi yang lancar akan membuat kehamilan semakin mudah terjadi.

Berikut cara mengolah ramuan dari daun sirsak, pilih 15 daun sirsak yang agak tua, rebus dengan menggunakan 5 gelas. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa menjadi 2 gelas. Jika kamu tidak terlalu suka dengan rasanya bisa ditambah dengan gula Jawa atau pun madu secukupnya. Minum secara rutin setiap pagi dan sore hari.

8. Melancarkan sistem pencernaan.

Daun sirsak memiliki kandungan berbagai vitamin, mineral, kalsium yang tinggi. Tapi tak hanya itu saja daun ini juga memiliki sifat antiinflamasi hingga antimikroba. Mengonsumsi teh daun sirsak juga dapat membantu melancarkan dan mencegah terjadinya sembelit, kembung, diare hingga gangguan pencernaan lainnya. Antimikroba yang terkandung dalam daun sirsak juga mampu menyeimbankan mikroflora pada usus.

9. Obat nyeri punggung.

Nyeri punggung sering terjadi pada orang yang terlalu capek bekerja. Nah biasanya untuk praktis orang-orang lebih memilih obat kimia yang praktis di apotek. Penggunaan obat kimia memang lebih praktis namun memiliki efek samping yang bahaya. Manfaat daun sirsak untuk herbal dapat mengatasai sakit punggunag tanpa efek negatif.

Cara penggunaan daun sirsak yaitu, dengan merebus 20 lembar daun sirsak dalam lima gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minum 3/4 cangkir ramuan ini sekali sehari.

10. Pengobatan eksim dan rematik.

Penyekit rematik umumnya terjadi pada orang tua. Daun sirsak dapat mengatasi dan sebagai obat alami untuk nyeri. Resep untuk mendapatkan manfaat ini yaitu dengan menumbuk daun sirsak sampai halus dan balurkan pada area tubuh yang nyeri rematik atau area yang terdapat eksim. Oleskan dua kali sehari.

11. Mengobati bisul.

Bisul atau disebut ulkus adalah kelainan kulit yang ditandai dengan rasa sakit dan memiliki risiko terkena infeksi. Bisul dapat muncul di area tubuh mana saja, namun sering terdapat pada badan atau wajah. Untuk mengatasi bisul kamu bisa melumatkan daun sirsak yang masih muda lalu oleskan pada area bisul.

12. Menghilangkan kutu.

Manfaat rebusan daun sirsak yang terakhir adalah untuk menghilangkan kutu. Daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe. Caranya adalah dengan menggunakan air rebusan daun sirsak untuk mencuci rambut.